Beberapa contoh game engine :
·
RealmForge
Merupakan
free dan open source game engine untuk Microsoft .Net Framework dan dikhususkan pada visual3D Game Engine,
merupakan cross platform game engine untuk
.NET 2.0 dan Microsoft XNA. RealmForge
dibangun diatas AXIOM 3D rendering engine. Di tulis dalam bahasa C# keseluruhan. Dibangun untuk pembuatan game
berbasis .NET.
·
Truevision3D
Merupakan
game engine 3D yang dibangun dengan menggunakan visual basic 6 dan C++ dengan menggunakan Microsoft Directx API.
Mulai versi 6.5, engine ini menggunakan direct
9
dan shader support, serta ditulis ulang menggunakan C++. Sampai perkembangan
terbaru, belum ada wacana untuk mengembangkannya
untuk mendukung penggunaan directx9 serta
Microsoft XNA.
·
OGRE
OGRE
(Object-Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan engine yang mendukung 3D Graphic. Merupakan game engine yang
fleksibel dalam melakukan 3D Rendering, ditulis
dalam
bahasa C++ sehingga memudahkan pengembang untuk membangun game yang mendukung 3D Graphics.
Beberapa contoh
game middleware yang sering digunakan :
a.
Gamebryo
Merupakan game engine yang berawal dari perusahaan
Numerical Design Limited (NDL) akan tetapi pada perkembangannya, perusahaan NDL
bergabung dengan Emergent Game Technologies. Ditulis menggunakan bahasa C++,
Gamebryo merupakan 3D Game engine yang memberikan support kepada beberapa
platform sebagai berikut :
- Windows (baik direct 9 dan 10)
- Nintendo game cube
- Nintendo WII
- PS 2 dan PS 3
- XBOX serta XBOX360
b.
Renderware
Merupakan salah satu saingan dari Gamebryo. Bergerak
dalam bidang 3D API dan graphic rendering engine. Renderware digunakan pada
computer games, Active Worlds serta beberapa VRML Browser. Merupakan game
engine yang sering digunakan di PS2 sehingga sering disebut sebagai “Sony’S
Directx”.
c.
Unreal
Engine
Merupakan salah satu game engine yang cukup populer.
Dikembangkan oleh Epic Games dalam bahasa C++, Unreal engine menjadi salah satu
game engine yang mempunyai kemampuan portability yang baik. Dapat berjalan pada
beberapa platform seperti Windows, Linux, MacOS dan beberapa video games
console seperti Dreamcast, XBOX, XBOX360.
OGRE
Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai
lawan dari mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya
lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan
menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. Perpustakaan kelas abstrak rincian
menggunakan sistem yang mendasari perpustakaan seperti Direct3D dan OpenGL dan
menyediakan sebuah antarmuka dunia yang didasarkan pada objek dan kelas-kelas
tingkat tinggi lainnya.
Ogre memiliki komunitas yang sangat aktif, dan
Sourceforge.net ‘s proyek dari bulan Maret 2005. [2] Telah digunakan di
beberapa permainan komersial seperti Ankh dan Torchlight.
GTGE
(Golden T Game Engine)
GTGE adalah permainan perpustakaan pemrograman
(dikenal sebagai mesin permainan) untuk membuat game 2D di Java. Perpustakaan
GTGE menyediakan rutin yang lengkap untuk membuat game 2D dari rutinitas
tingkat rendah seperti akselerasi perangkat keras grafik 2D, mouse dan keyboard
input, support audio, permainan waktu, bitmapped font, untuk permainan
rutinitas tertentu seperti sprite, latar belakang, dukungan tabrakan pixel
sempurna presisi. Dengan semua rutinitas dasar ini, untuk mulai membuat permainan
baru Anda tidak perlu untuk menciptakan roda lagi dan lagi.
jMonkey
Engine (jME)
jMonkey Engine (jME) adalah performa tinggi mesin game
3D, yang ditulis seluruhnya di Java. OpenGL didukung melalui LWJGL, dengan
dukungan JOGL dalam pembangunan. Untuk suara, OpenAL didukung. Input melalui
keyboard, mouse, dan pengontrol lain juga didukung.
jME adalah sebuah komunitas berbasis proyek open
source yang dirilis di bawah lisensi BSD yang baru. Saat ini sedang digunakan
oleh beberapa studio permainan komersial maupun oleh universitas kelas
permainan. [1] [2] Sementara proyek akan terus mendukung dan mengembangkan
cabang paling populer selama bertahun-tahun 2,0 masih akan datang, sebuah
cabang dengan cepat 3,0 muncul sebagai tanggapan terhadap standar yang lebih
tinggi dari generasi berikutnya dalam kinerja dan hardware.
DXFramework
DXFramework adalah sederhana, ilustrasi, tujuan umum
2D (dan 3D) mesin permainan komputer untuk Microsoft Visual Studio Microsoft
DirectX menggunakan teknologi, versi 9.0c.
DXFramework saat ini berjalan versi 1.0. Ini memiliki
3 revisi untuk C + + tersedia untuk di-download pada website mereka, serta XNA
studio versi mengekspresikan. Hal ini membutuhkan Microsoft Visual Studio 2005
(atau mengungkapkan), SDK DirectX terbaru, Windows SDK, juga sebagai
Interpreter Python. Semua ini tersedia dari DXFramework Wiki.
Versi asli dari DXFramework ditulis oleh Corey Johnson
dan Jonathan Voigt. Yang DXFramework 0.9.4 menulis ulang diselesaikan oleh
Jonathan Voigt. DXFramework saat ini dipelihara dan dikelola oleh Jonathan
Voigt di University of Michigan.Telah digunakan di University of Michigan sejak
tahun 2002 dan University of Massachusetts Dartmouth sejak 2008 dengan sukses
di kelas desain permainan arcade berfokus pada gaya permainan.
PERBANDINGAN
ANTARA OGRE DAN GOLDEN T GAME ENGINE
Jika dilihat dari paragraf sebelumnya dapat disimpukan
bahwa perbandingannya yaitu : Ogre merupakan pembuat game untuk 3D sedangkan
GTGE pembuat game untuk 2D. Ogre menggunakan bahasa pemrograman C++ sedangkan
GTGE menggunakan bahasa pemrograman Java.
Sumber:
http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:kbuO0CughhUJ:digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/info/2004/jiunkpe-ns-s1-2004-26400100-4322-game_engine-chapter2.pdf+Pengertian+game+engine&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESjPQR4DezBiB2ZIa3ZeVfM4YvFNtTRW4T_0afa2SCezxW1VH8t2CXvNTPBsS6I5s0Voa64c3BckFcEyMsDk8LcO1QUV66QdT5yxDkIhgh3wa4JrnNFtGss9ScdjyNzmMYFNXJsS&sig=AHIEtbR5F2jHkPyHKB7sjuDoI_-672SbmQ
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines
http://www.gamexeon.com/forum/article/37197-game-engine-apaan-sih.html
http://en.wikipedia.org/wiki/OGRE_Engine
http://wiki.java.net/bin/view/Games/GTGE
http://en.wikipedia.org/wiki/JMonkey_Engine
Tidak ada komentar:
Posting Komentar