Pada
dasarnya Marketing Mix terdiri dari 4 P. Dari sudut pandang Konsumen, 4 P tersebut
bisa dijelaskan dalam 4 C :
1. Product
adalah Customer Solution
Produk
adalah suatu materi yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
konsumen, baik berupa barang atau jasa.
Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke suatu kelompok pelanggan
atau pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Artinya manfaat produk tersebut akan menjadi
solusi dari kebutuhan atau keinginan konsumen.
Setiap
produk memiliki siklus hidup, yang terdiri dari fase pertumbuhan, fase dewasa
dan akhirnya fase penurunan. Pemasar harus memperhatikan dan memproyeksikan
panjangnya siklus hidup produk tersebut, dan mempersiapkan diri terhadap
berbagai tantangan yang berbeda untuk setiap fase dalam siklus tersebut.
Untuk
memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam dan selalu berkembang, maka penciptaan
produk tetap harus dikembangkan. Juga
bisa dilakukan penambahan variasi produk, atau melakukan bauran produk sehingga
setiap produk akan menjadi komplementer bagi produk lainnya. tujuan akhirnya
tetap untuk memuaskan kebutuhan konsumen.
2. Price adalah Customer Cost
Harga
adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk memperoleh produk
yang dipasarkan. Artinya Harga adalah besar pengorbanan konsumen untuk
mendapatkan produk yang dapat memenuhi kebutuhannya. Bagi produsen Harga juga
sangat penting karena menentukan tingkat laba perusahaan, dengan kata lain juga
keberlangsungan perusahaan.
Dalam
menentukan harga suatu produk, perlu diperhatikan nilai produk bagi konsumen.
‘Nilai Referensi’ (perbandingan harga produk dengan harga produk pesaing) dan
‘Nilai Diferensiasi’ (tanggapan konsumen terhadap atribut produk dibandingkan
dengan produk lainnya), harus menjadi bahan pertimbangan.
Besarnya
harga juga menjadi pertimbangan dalam menentukan segmen pasar yang dibidik,
apakah dapat terjangkau oleh konsumennya atau tidak. Dengan demikian juga dapat
diperhitungkan target penjualan yang akan dicapai oleh perusahaan.
3. Promotion adalah Communication
Promosi
dapat diinterpretasikan dalam dua cara :
Dalam arti
sempit : promosi berarti insentif untuk konsumen, misalnya promo diskon harga
atau promo pengenalan produk baru dengan cara dibanderol dengan produk lama
yang sudah populer.
Dalam arti
luas : Promosi adalah semua metoda komunikasi yang digunakan untuk memberikan
informasi tentang produk kepada konsumen dalam target pasar. Promosi adalah cara berkomunikasi kepada
konsumen, baik melalui iklan, personal selling, atau Public Relation. Promosi
juga bisa dengan cara Word-of-mouth yang merupakan komunikasi informal secara
perorangan. Sering dilakukan oleh tenaga
sales. Promosi juga akan memberikan brand image konsumen terhadap produk.
4. Place adalah Convenience
Place
bermakna menyediakan produk pada suatu tempat yang memberikan kenyamanan bagi
konsumen untuk mengaksesnya. Place juga bisa disamakan dengan channel atau
distribusi. Penyebaran outlet-outlet di berbagai tempat strategis termasuk
salah satu upaya untuk memenuhi kenyamanan ini.
Extended
Marketing Mix menambahkan 3 P lagi, sehingga menjadi 7 P, dan merupakan
strategi pemasaran yang mengembangkan variable yang controllable dari 4 P
semula. Jika Bauran Pemasaran 4 P semula lebih diarahkan pada produk berwujud
(goods), maka 3 P berikutnya lebih digunakan pada industri jasa.
Domino’s
Pizza
Tahukah
anda semua bahwa Domino’s Pizza telah berusia 50 tahun di tahun 2010 ini? Tom
Monaghan adalah nama di belakang merek Domino’s Pizza. Dia memulai usaha pizza
ini di tahun 1960, dengan gerai pertama di Ypsilanti, Michigan, Amerika
Serikat. DomiNick’s adalah nama gerai pertama yang didirikan oleh Tom Monaghan
beserta adiknya James Monaghan, sebelum akhirnya Tom menjadi pemilik tunggal
usaha ini dan mengganti nama usahanya menjadi Domino’s Pizza, Inc. Hingga saat
ini, sudah ada lebih dari 7,000 gerai Domino’s Pizza di seluruh dunia, dan 13
di antara nya ada Indonesia yang akan terus bertambah.
Domino’s
Pizza hadir di Indonesia di tahun 2007, dengan gerai pertama di Pondok Indah.
Hingga sekarang, sudah ada 13 gerai Domino’s Pizza yang untuk sementara masih
terpusat di Jakarta. Di Indonesia, lisensi usaha Domino’s Pizza dipegang
tunggal oleh PT Mitra Adiperkasa (MAP) yang merupakan perusahaan retail
terbesar di negara ini.
PRODUCT AND
PRICE
Setiap pelanggan
mengklik tab menu maka akan muncul semua menu-menu dan harga yang di tawarkan
oleh domino’s Pizza.
PROMOTION
Website domino’s
pizza, menggunakan media social untuk melakukan promosi. Media social yang
digunakan adalah facebook & twitter.
PLACE
Jika
penggunjung mengklik tab Location maka akan muncul lokasi atau outlet-outlet
domino’s pizza.
https://maskapai.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar