Rabu, 02 Juni 2010

Keterasingan

Keterasingan berarti hal yang terpisah tersendiri. Manusia terdiri atas dua aspek, yaitu jasmani dan rohani. Karena itu sebab-sebab keterasingan yang dialami sesorang juga dapat bersifat dua hal tersebut.
Ada 3 hal yang menjadi penyebab sesorang mengalami keterasingan yaitu akibat dari pelanggaran, adanya perbedaan sosial-ekonomi, dan cacat tubuh.
1. Keterasingan karena pelanggaran
Contohnya, siapa yang melanggar hukum adat akan dikenakan hukuman berupa pengasingan. Orang yang mengalami pengasingan hidupnya akan terpisah dari keluarganya, segala kebutuhan hidupnya harus dicukupi sendiridan perasaanya sebagai manusia akan mengalami kesepian.

2. Keterasinagn karena cacat tubuh
Cacat tubuh yang didertita oleh seseorang sejak lahir dapat menjadi sebab ia diasingkan oleh kawan-kawannya dalam masyarakat. Tidak jarang penderita ini selalu menjadi bahan ejekan, tidak diikutsertakan dalam permainan tertentu dikalangan anak-anak dan lebih jauh lagi ia tidak dimasukkan dalam pergaulan. Anak yang demikian bukan hanya mengalami keterasingan tapi juga menderita batin dan kesepian.

3. Keterasingan karena perbedaan sosial dan ekonomi yang mencolok
perbedaan social dan ekonomi yang mencolok menyebabkan manusia sebagai warga masyarakat menjadi terkotak-kotak yang dalam sosiologi hal ini disebut sebagai pelapisan masyarakat.

Tidak ada komentar: