Minggu, 11 Maret 2012

Apakah Catur termasuk dalam kategori Permainan ‘Game’ atau cabang olahraga?

Bermain pada intinya adalah aktivitas yang digunakan sebagai hiburan. Kita mengartikan bermain sebagai hiburan yang bersifat fisikal yang tidak kompetitif, meskipun bermain tidak harus selalu bersifat fisik. Bermain bukanlah berarti olahraga, meskipun elemen dari bermain dapat ditemukan di dalam olahraga.

Bermain, karenanya pada satu saat menjadi olahraga, tetapi sebaliknya, olahraga tidak pernah hanya semata-mata bermain. Olah sendiri bisa diartikan sebagai suatu bentuk proses untuk menghasilkan sesuatu, sedangkan raga berarti fisik. Jadi, mungkin bisa kita simpulkan bahwa definisi dari olahraga adalah suatu bentuk aktifitas yang bertujuan untuk melatih kemampuan dan ketahanan fisik.

Ada beberapa bentuk permainan catur, seperti juga dalam permainan basket. Permainan satu lawan satu antar teman dimana hasil tidak menjadi masalah, tidaklah dapat dikategorikan kompetisi serius. Untuk dapat dikategorikan olahraga, diperlukan unsur kompetisi.

Ditemukan juga fakta bahwa seseorang membakar sejumlah kalori pada saat memainkan sebuah partai yang serius, sama banyaknya dengan saat memainkan olahraga fisik lain seperti basket, sepakbola. Ada sesuatu yang terjadi di otak, proses metabolisme yang menyebabkan tubuh membakar kalori. Kata lain dari kalori adalah energi. Banyak energi yang dikeluarkan ketika seseorang bermain partai catur yang serius. Ini membuktikan bahwa catur juga mengandung unsur fisik, berarti mencakup unsur olahraga.

Catur juga permainan dengan prinsip-prinsip yang dapat dirumuskan seperti : bagaimana strategi di posisi tertentu dan sebagainya. Jadi apakah catur itu permainan atau olahraga? Sebuah perdebatan yang telah berlangsung berabad-abad. Catur terlalu kompleks untuk dikategorikan bagian per bagian, karena sesungguhnya catur adalah kombinasi dari keduanya: Game & sport.

Tidak ada komentar: