Kamis, 12 April 2012

Bagaimana Cara membuat Game Yang baik?? Part 1

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan tentang game development adalah “bagaimana cara membuat sebuah game yang sukses?” atau “Adakah kiat-kiat untuk membuat game yang sukses?”.
Kali ini saya akan menjabarkan unsur-unsur yang menjadikan game ini menarik dan sukses. Berikut unsur-unsurnya
  1.  Storyline
  2.  Character
  3.  TypeWriter
  4.  Programmer
  5.   Coordinator

Storyline
Storyline adalah jalan cerita dari game. Storyline(jalan cerita) adalah salah satu unsur yang penting dalam sebuah game, storyline(jalan cerita) yang bagus akan membuat gamer terus memainkan game tanpa rasa bosan sampai game yang dimainkan tersebut tamat. Salah satu game dengan storyline yang bagus menurut saya adalah Crysis 2. Storylinenya adalah Crysis terdapat di kota New York pada tahun 2023 dimana New York telah diserang oleh pasukan Alien yang disebar dari virus yang di sebut "Manhantan Virus".Selain Alien yang disebut "Cleph" musuh kita adalah pasukan C.E.L.L(Crynet Enforcement & Local Logistics) yang mencoba untuk mengambil kembali Nanosuit yang kita punya.

Karakter
Di dalam pembuatan sebuah animasi atau game diperlukannya tokoh/karakter sebagai visualisasi agar menarik untuk dimainkan. Tokoh atau karakter adalah dasar yang harus ada dalam sebuah game/animasi, selain dari background dan file pendukung lainnya.

TypeWriter
Typewriter dalam bahasa indonesia berarti mesin ketik. Tapi yang dimaksud typewriter dalam unsur game ini adalah penulisan kata-kata yang muncul pada game. Typewriter sangat berperan dalam pemilihan kata-kata, font-font maupun warna yang digunakan untuk game. Font-font yang digunakan adalah font yang mudah dicerna oleh mata.

Programmer
Apa sih hubungannya programmer dengan game?
Programming adalah penggabungan matematika dan logika yang membuat sebuah game bisa berjalan. Seorang programmer bertugas untuk menyusun kode-kode agar bisa menyatukan art, sound, dan gameplay. Sering kali programmer menjadi inti dalam sebuah game development, karena programmer harus mampu memasukkan art dari Game Artist, sound dari Game Sound, dan membangun game sesuai rancangan dari Game Designer.
Pada industri game skala besar, biasanya dibentuk sebuah tim programmer. Masing-masing programmer tersebut memiliki cakupan pekerjaannya sendiri. Seperti AI programming, Engine Programming, Network Programming, dan lain-lain.

Jadi, apa sih yang biasanya programmer kerjakan?
Pada tingkat dasar, programmer membuat kode yang membuat segalanya terjadi di game. Seperti menyambungkan input di keyboard/mouse/keypad dengan sebuah kejadian di layar. Misalnya kita tekan atas, maka hero kita akan melompat. Termasuk ketika kita membuat NPC yang berjalan di sekitar hero kita. Programmer lah yang membuat AI sehingga NPC tersebut tahu kemana akan bergerak. Oh iya, AI itu adalah Artificial Intellegence, yang artinya adalah kecerdasan buatan. Sehingga NPC mempunyai “otak” untuk berpikir.

Pada tingkat industri skala besar, programmer dibagi lagi menjadi sesuai dengan keahliannya, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bahkan ada programmer yang tidak berhubungan sama sekali dengan game, seperti programmer yang membuat engine atau tools khusus untuk mempermudah pekerjaan dari rekan programmer lainnya. Atau programmer yang membuat arsitektur jaringan, ketika membuat sebuah game online.

Programmer sering berinteraksi dengan artist, designer, producer, tester, composer, dan semua orang yang memiliki peranan dalam pembuatan sebuah game, membantu mereka ketika mereka membutuhkan pengetahuan teknis untuk menyelesaikan tugas mereka.

Lalu, apa yang mesti programmer kuasai?
Programmer itu adalah orang sains, matematika, aljabar, kalkulus, dan orang komputer. Wah apa itu pula? Secara garis besar, Programmer setidaknya seorang sarjana S1 (atau memiliki pengetahuan yang tinggi tentang) ilmu komputer. Karena seorang game programmer bukan hanya yang bisa memprogram, tapi harus mengenal dan mengerti konsep fisika. Lalu untuk apa matematika, aljabar, dan kalkulus? Teori-teori tersebut akan membantu seorang programmer menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Misalkan kita akan membuat efek benturan bola pada tanah, maka itu adalah persoalan fisika, bagaimana kita mempresentasikan gravitasi, efek pantulan, efek arah mata angin, dan efek cuaca ke dalam sebuah game.
Sebelum programmer dapat mencari pekerjaan dalam bidang game, mereka harus menguasai dan memahami cara kerja suatu bahasa pemrograman. Biasanya bahasa pemrograman yang sering digunakan di industri game adalah C++, actionscript, C, atau java.
Jika teman-teman tertarik menjadi programmer, sebaiknya teman-teman mulai membiasakan diri dengan yang namanya SDK, API, dan Object-Oriented Language (jika masih belum kenal dengan itu, maka berusahalah untuk mencari tahu  ).

Coordinator
Coordinator adalah seseorang yang diberi tanggung jawab untuk suatu skope permasalahan dan mengkoordinasi. Coordinator mengawasi keseluruhan dari proses pembuatan game hingga game tersebut selesai. Coordinator yang baik adalah coordinator yang mampu memberikan arahan/solusi jika orang dibawahnya mengalami SALAH arah atau kesulitan.

Referensi: agatestudio

Tidak ada komentar: