Selasa, 03 Juli 2012

Kesan-Kesan


Untuk mata kuliah pengantar game ini banyak sekali ilmu yang saya dapat, saya juga dulu termasuk penikmat dan penggemar game, khususnya PC game dan Play Station, namun saya taunya cuma main game hehehe.. tapi gk tau cara bikin game, ternyata bikin game itu gk semudah yang kita bayangkan, setiap aspek perlu di perhatikan bukan sekedar  untuk menghibur seseorang atau hanya sekedar lahan komersil atau lahan untuk menghasilkan banyak uang dari game yang di buat, namun kita juga harus melihat aspek Storyline, Character, TypeWriter, Programmer, Coordinator seperti halnya membuat sebuah film, game juga harus punya jalan cerita dan karakter yang menarik, penulisan dan layout pun perlu diperhatikan, sehingga bukan hanya sekedar bermain namun bagaimana caranya membuat orang merasa puas, terhibur dan merasa tertarik ingin bermaiin kembali bahkan bisa saja game yang di buat akan menjadi game sepanjang masa.

Dari pengalaman saya sendiri, dulu waktu SMP saya gemar sekali bermain game play station dan PC game, salah satunya harvest moon yang pada waktu itu memang lagi booming sekali. harvest moon adalah game simulasi yang bersettingkan kehidupan pedesaan dan tugas yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan pertanian dengan menanam tanaman, mengurus hewan dan mengatur kehidupan sosial dengan warga desa. Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana mereka mengatur waktu. Hanya ada sedikit waktu setiap harinya, dan pemain mempunyai energi yang terbatas. Mereka harus membagi waktu mereka untuk melakukan pekerjaan di ladang dan menjalin persahabatan dengan penduduk kota. Gamenya unik dan orisinil, setiap tindakan yang kita lakukan pasti ada konsekuensinya seperti halnya dunia nyata. Tampilan Layout, tulisan, karakter dan cerita juga sangat menarik, karna hal ini lah sejak pertama kali game ini dirilis untuk playstation menjadi sangat di gilai oleh pecinta game playstation.

Bermaiin game bukan hanya membuat kita terhibur namun ada juga nilai pendidikannya, contohnya bahasa inggris saya menjadi lebih baik dari pada teman-teman sebaya karena setiap bermain game harvest moon saya harus membuka kamus bahasa inggris, karena banyak dialog atau perintah yang muncul dan pastinya berbahasa inggris.

Didukung juga dengan arahan dari pak Andreas yang menjelaskan teori game tahap demi tahap beserta contohnya yang sangat jelas, membuat pemahaman saya tentang teori game menjadi lebih luas lagi. saya ucapkan terima kasih pada pak Andres untuk satu semester ini atas ilmu yang di berikan. Wassalam

Tidak ada komentar: