Virtual reality
adalah Lingkungan tiruan yang diciptakan
dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, dan disajikan
kepada pemakai sehingga pemakai tersebut
merasakan seperti dalam lingkungan nyata.”
Aplikasi Virtual Reality
Salah satu
contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam
bidangmiliter. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang,
simulasi latihan terjunpayung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian
teknologi ini bisa lebih menghemat biayadan waktu dibandingkan dengan cara
konvensional.
·
Sistem
Virtual Reality
Beberapa sistem
virtual reality canggih yang sekarang digunakan meliputi informasi
sentuh,biasanya dikenal sebagai umpan balik kekuatan pada aplikasi berjudi dan
medis. Pemakai dapatsaling berhubungan dengan suatu lingkungan sebetulnya atau
sebuah artifak maya baik melaluipenggunaan alat masukan baku seperti papan
ketik dan tetikus, atau melalui alat multimodalseperti sarung tangan terkabel,
polhemus boom arm, dan ban jalan segala arah. Dalam praktek, sekarang ini sangat
sukar untuk menciptakan pengalaman realitas maya dengan kejernihantinggi karena
keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra, dan lebar pita
komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu diharapkan untuk secepatnya diatasai
dengan berkembangnyapengolah, pencitraan, dan teknologi komunikasi data yang
menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat dari waktu ke waktu.
·
Teknologi
Virtual Reality
Morton Heilig menulis
pada tahun 1950 tentang "Teater Pengalaman" yang dapat meliputisemua
indera dengan suatu cara efektif, sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan
di layar.Ia membangun suatu prototipe dari visinya yang dinamakan Sensorama
pada 1962, bersamadengan lima film pendek untuk dipertunjukkan didalamnya
dengan melibatkan berbagai indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, dan
sentuhan). Mendahului komputasi digital,
Sensorama adalah
sebuah alat mekanis yang dilaporkan masih berfungsi hingga hari ini. Padatahun
1968, Ivan Shuterland dengan bantuan dari siswanya bernama Bob Sproull
menciptakanapa yang secara luas dianggap sebagai pendahulu dari virtual reality
dan sistem "DisplayTerjulang di Kepala Reality Augmentet". Alat itu
primitif baik dalam kaitan dengan alatpenghubung pemakai dan realisme, dan HMD
untuk dikenakan oleh pemakai sangatlah berat sehingga harus digantungkan.
Grafiknya berisikan lingkungan maya yang merupakan sebuahwireframe sederhana.
Penampilan alat yang hebat mengilhami namanya, Pedang Damoclesyang terkenal
diantara hypermedia.
Teknologi virtual
reality yang lebih awal adalah Peta Bioskop Aspen, yang diciptakan oleh MIT pada
tahun 1977. Programnya adalah suatu simulasi kasar tentang kota Aspen di
Colorado. Di sana para pemakai bisa mengembara dalam salah satudari tiga gaya
yaitu musim panas, musim dingin, dan poligon. Dua hal pertama tersebut telah didasarkan
pada foto dan mdash karena para peneliti benar-benar memotret tiap-tiap pergerakan
yang mungkin melalui pandangan jalan kota besar pada kedua musim tersebut dan
yang ketiga adalah suatu model dasar 3D kota besar. Di penghujung 1980 istilah"Virtual
Reality" telah dipopulerkan oleh Jaron Lanier, salah satu pelopor modern
dari bidang tersebut. Lanier yang telah mendirikan perusahaan VPL Riset pada
tahun 1985, yang mengembangkan dan membangun sistem "kacamata hitam dan
sarung tangan" yang terkenal pada dasawarsa itu.
Perbedaan antara Virtual Reality dan Augmented Reality
Virtual Reality mengacu pada penggabungan dari objek dunia nyata ke dunia digital/maya.
Augmented Reality merupakan kebalikan dari Virtual reality yang berarti integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara realtime dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar