Sabtu, 30 Oktober 2010

NEW MEDIA


Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.

Computer Mediated Communication (CMC) dan Internet adalah dua hal yang kini menjadi sorotan dalam setiap tulisan tentang komunikasi, terutama tentang media baru (new media) karena dari kedua hal inilah media baru dianggap muncul. Dan sebenarnya penurunan penggunaan old media telah dapat diprediksi sebelumnya oleh para pemikir dan peneliti komunikasi. Internet jika dapat digambarkan dengan mudah, yakni dimana computer dengan computer yang lain dapat terhubung melewati sebuah jaringan, yang mengijinkan mereka untuk berkomunikasi, berinteraksi, bertukar data dan lain-lain.

New media berawal dari bentuk komunikasi bermedia computer atau computer-mediated communication (CMC) ini. Dalam buku Media Now, disebutkan beberapa fitur atau fasilitas yang terdapat dalam internet yakni elektronic publishing (penerbitan elektronik), entertainment(hibura n), communities (komunitas), blog, search engine, dan beragam fitur lainnya termasuk download dan upload data. Internet dalam komunikasi adalah sebuah perubahan, karena dianggap telah menjadi bentuk atau pola baru dalam berkomunikasi. Hal ini lah yang menjadi jawaban keinginan dan mimpi manusia untuk dapat “bersentuhan” dengan sesama secara lebih luas, meng-global, cepat, dan murah. Dan ini kemudian yang menjadi sebuah bentuk baru media, bentuk baru komunikasi, media baru.

------------Modernism dan Old Media

Modernism adalah sebuah istilah yg digunakan manusia untuk menanggapi perubahan yang terjadi pada waktu revolusi industri. Pada kenyataannya Modernism bertentangan dengan ajaran agama, dengan keyakinan dalam keniscayaan kemajuan ilmiah, banyak aspek modernisme cenderung memiliki keyakinan yang optimis dalam kuasa modernitas untuk mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik.

-----------Postmodernism dan New Media

Postmodernism adalah sebuah istilah yang digunakan manusia untuk menanggapi perubahan yang terjadi setelah revolusi industri. Tidak mengherankan, terlihat bahwa budaya dan politik yang dihasilkan setelah revolusi industri, masyarakat akan sangat berbeda dengan yang didominasi oleh industri konteks modernisme. Pergeseran teoritis dalam konsepsi media dan para penonton, kemudian dilakukan oleh banyak pekerjaan informasi melalui Pos-Strukturalisme. Sementara Strukturalisme umumnya mencerminkan kebutuhan modernis untuk mengungkap makna ideologi laten yang tertanam dalam teks media, pasca-strukturalisme cenderung mengambil pandangan yang kurang deterministik tentang sifat media secara keseluruhan.

-----------Keterbukaan untuk saling berbagi informasi dan berekspresi di ranah publik (public sphere), khususnya dalam konteks media baru (berbasiskan Internet), tengah mengalami pertumbuhan yang luar biasa di Indonesia. Baik melalui blog, facebook, twitter ataupun media baru lainnya, pewarta warga (citizen journalism) terus berdampingan dengan media mainstream dalam menyampaikan informasi terhangat kepada publik.

New media mengijinkan penggunanya tetap berkomunikasi walaupun para penggunanya tidak dalam waktu yang sama. Misalkan email, pesan tetap dapat sampai tujuan meski tujuan tidak dalam keadaan online. Inilah yang disebut dengan synchronici ty. Dan yang terakhir adalah konvergensi, dimana bentuk teknologi cenderung dapat diintegrasikan kedalam satu bentuk teknologi saja.

http://en.wikipedia.org/wiki/New_media

http://no21reason.blogspot.com/2010/09/teori-digital.html

http://ictwatch.com/internetsehat/2009/12/09/tren-pemanfaatan-media-baru-internet-dan-tantangan-atas-praktek-kebebasan-berekspresi-di-indonesia/

Tidak ada komentar: