Kamis, 28 Oktober 2010

ON THE NET

SEJARAH INTERNET DI DUNIA --------à Cekedot

PERKEMBANGAN INTERNET

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.

Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket hingga sekarang.

Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.

Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain. Internet mampu menampilkan teknologi media yang sebelumnya berkumpul dalam dunia maya dan dapat diakses dari segala belahan dunia secara real time.

Diantara sekian banyak fasilitas dah kemudahan yang dapat kita nikmati dalam penggunaan Internet saat ini salah satunya adalah penggunaan situs jejaring sosial. Situs seperti ini merupakan media hiburan yang sedang marak - maraknya digunakan masyarakat dibelahan dunia manapun. Situs jejaring sosial yang banyak digandrungi saat ini diantaranya Facebook, MySpace dan Twitter. Ada juga situs hiburan lainnya misalnya YouTube, yang merupakan situs web sharing video (berbagi video).

Untuk lebih jelasnya, kita lihat penjelasan tentang situs hiburan yang ada di internet yuk, baik dari segi manfaat maupun mudhoratnya ^o^ …….

Facebook, MySpace, Twitter

Siapa yang tak kenal situs jejaring sepopuler Facebook, MySpace dan Twitter. Dari kalangan muda hingga yang tua pasti pernah mengakses situs hiburan yang satu ini, bahkan mungkin mengakses situs ini adalah pekerjaan mereka sehari-hari, bukan hanya untuk hiburan semata melainkan untuk urusan bisnis.

Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Pada awalnya situs web jejaring sosial ini dibatasi hanya untuk mahasiswa dari Harvard College saja. Seiring berjalannya waktu keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston, yaitu Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts, Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Setelah itu, banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya

Facebook memungkinkan penggunanya untuk saling berhubungan dengan pengguna lainnya dibelahan dunia manapun. Pengguna dapat membuat profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya. Komunikasi dengan pengguna lainnya dapat dilakukan melalui pesan pribadi atau fitur chat. Pengguna juga dapat bergabung dengan grup atau halaman penghobi (fan pages), yang beberapa darinya dimiliki oleh organisasi sebagai wadah untuk beriklan. Untuk mengurangi kontroversi mengenai privasi, Facebook mengizinkan pengguna untuk memilih pengaturan privasi sesuai kemauannya, dan memilih siapa yang dapat melihat bagian-bagian dari profilnya.

Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.

Website ini mengratiskan untuk penggunannya dan mendapatkan keuntungan dari iklan, seperti iklan dalam bentuk gambar (banner ads).

MySpace merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008.

Seperti situs jejaring sosial pada umumnya, pengguna memiliki profil masing-masing dengan URL yang berbeda, dengan format standar yaitu nama domain lalu garis miring nama profil pengguna, misalnya www.myspace.com/theadamsbands milik band Indonesia bernama The Adams atau www.myspace.com/fara6054 sebagai contoh kepemilikan personal.

Kelebihan situs MySpace ini adalah mempunyai satu aplikasi tentang musik. Situs ini lebih mengkhususkan diri terhadap musik dibandingkan dengan jenis – jenis situs pertemanan yang lainnya. Situs ini, dapat menjadi pembuka jalan bagi musisi terutama yang berjalan sendiri tanpa dukungan dari pihak label untuk mengembangkan karirnya. MySpace telah dikenal dan dipercaya sebagai situs tentang musik. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya musisi nasional yang mempromosikan musiknya sejak awal kemunculan MySpace Music pada tahun 2005, seperti White Shoes and The Couples Company, Mocca, The S.I.G.I.T, Monkey to Millionaire, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan musisi dari internasional, misalnya John Legend, Mika, Lykke Li, Meiko, MEW, Phoenix, Sigur Ros, dan sebagainya, baik yang indie label maupun major label.

Twitter, adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (followers).

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

Di Indonesia, Twitter sangat populer. hampir semua orang mempunyai twitter. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.

Banyak yang mengatakan bahwa twitter adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan dengan teman-teman. Namun, beberapa pengguna merasa 'terlalu' terhubung, karena mereka selalu menerima pesan yang tidak relevan dengan kebutuhan mereka. Dan banyak juga orang berhenti menggunakan layanan ini setelah satu bulan karena situs ini berpotensi mencapai hanya sekitar 10% dari semua pengguna internet.

Semua situs jejaring sosial pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media untuk menyatukan orang-orang dari berbagai tempat dibelahan dunia. Situs jejaring sosial juga dapat dijadikan sarana berbisnis secara online. Dan sangat menguntungkan tentunya.

YouTube, Pasti anda semua tahu apa itu YouTube kan? Ya, YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online. Wah anda mesti hati-hati juga jangan sampai salah upload video pribadi, bisa brabe. YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya. Saya sendiri tidak gemar membaca tapi sangat menginginkan informasi, dengan YouTube ini sangat membantu mendapatkan apa yang kita cari di internet.

Selain bisa dimanfaatkan untuk mencari info, YouTube juga bisa digunakan sebagai media hiburan dimana kita bisa mengakses berita, musik dan lagu, informasi dunia terbaru, film dan lain-lain.

Karena terlalu bisa di akses dan mengakses terlalu bebas, di beberapa negara seperti cina dan turki, oleh pihak berkuasa, facilitas YouTube tidak bisa diakses. Upload bebas video dengan YouTube kadang bisa menimbulkan akibat fatal ketika kita lupa upload atau tidak sengaja terupload. Kemungkinan lain dari kebijakan tersebut diantaranya mengenai sara. Itulah sebabnya di bebarapa negara sangat ketat memberlakukan aturan penggunaan YouTube.


Tidak berbeda dengan fungsi search engine, pencarian di YouTube akan muncul list sejumlah video YouTube sesuai keyword yang di pakai dalam pencarian tersebut. Dari hasil pencarian akan muncul top rated, most viewed dan most recent di halaman muka YouTube dan juga jumlah video yang berhubungan dengan kata kunci pencarian tadi.

Apakah YouTube juga bisa menjadi media untuk menghasilkan uang? Kenapa tidak! Justru dengan YouTube menurut saya merupakan upaya promosi yang sangat efektif untuk mengiklankan produk anda secara gratis. Produk yang saya maksud di sini bisa berupa barang elektronik, pakaian, makanan dan minuman, bisnis anda dan lain sebagainya. Bahkan blog anda juga bisa di promosikan melaui YouTube ini, sertakan link di YouTube untuk me-direct pengunjung ke blog atau website anda.

http://melodanta.com/sejarah-internet-di-dunia.html
http://www.sejarah-internet.com/
http://w3dede.blogspot.com/2009/06/apa-itu-youtube-manfaat-dan-efek.html
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
http://id.wikipedia.org/wiki/MySpace
http://tekno.liputan6.com/berita/201005/278211/Facebook.dan.MySpace.Bocorkan.Data.Pengguna
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

Tidak ada komentar: