Kamis, 28 Oktober 2010

Video Games


Dalam bahasa Indonesia “Game” berarti “permainan”. Permainan yang dimaksud dalam game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Game merupakan sebuah sarana hiburan ataupun pendidikan yang menggunakan perangkat elektronik atau sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang digunakan untuk sarana hiburan. Game sendiri dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console.

Sejarah perkembangan game

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan video game, dimana saat ini perkembangan video game telah masuk ke generasi ketujuh. Perkembangan video game ini mempunyai revolusi yang sangat cepat, berikut merupakan klasifikasi dari generasi perkembangan video game :

Generasi I

Generasi ke I diluncurkan pada tahun 1972–1976. Console generasi pertama ini adalah asal mulanya video games, dari hasil searching di wiki dan google didapatlah nama Magnavox Odyssey. Ini adalah console pertama yang diciptakan tahun 70an oleh atari inc. Game yang terkenal saat itu adalah ‘PONG’.

Generasi II

Generasi ke II diluncurkan pada tahun 1977–1984. Generasi ini masih merupakan terbitan dari atari inc. Console games di generasi kedua ini yang terkenal adalah atari 2600 atau VCS (Video Computer System). Beberapa console yang ada di masa ini antara lain : Intellivision, ColecoVision.

Generasi III

Generasi ke III diciptakan pada tahun 1985–1989.Generasi ketiga merupakan generasi dari famicom (family computer) atau lebih dikenal dengan sebutan NES (Nintendo Entertainment System). Game yang paling dikenal pada generasi iniadalah Super Mario Bros yang bersaing dengan Sonic the Hedgehog dari console Sega’s Master System.

Generasi IV

Generasi ke-IV diluncurkan pada tahun 1990–1995. Pada generasi keempat ini terjadi persaingan antara SNES (Super Nintendo Entertaintment System) dari nintendo dan Sega Mega Drive dari sega. Kedua nama ini yg paling sering mencuat dipersaingan belantara console games. Console lainnya yang berada di generasi ini adalah NEC’s TurboGrafx-16 dan SNK Playmore’s Neo Geo.

Generasi V

Generasi ke-V diciptakan pada tahun1995–2000. Pada saat generasi ke-V diluncurkan, dunia game semakin marak karena video games bermunculan. yang paling terkenal mungkin playstation, tapi selain itu ada beberapa yang mungkin kita kenal juga, seperti Atari jaguar, 3do, Sega saturn, Nintendo 64. generasi ini sudah menggunakan CD (compact disc) sebagai media game.

Generasi VI

Generasi diluncurkan pada tahun 2001, dimana generasi keenam ini memiliki 3 console terkenal yaitu Sega Dreamcast, Playstation 2, dan Nintendo Game Cube. generasi ini sudah menggunakan dvd, kecuali dreamcast yang menggunakan gd-rom.

Generasi VII

Generasi ke-VII diluncurkan tahun 2005. Generasi ketujuh adalah generasi saat ini, tentu saja consolenya adalah PS3, Xbox dan Wii. game-nya sudah menggunakan blue-ray disc untuk PS3 dan masih dvd untuk xbox dan wii. Untuk saat ini Playstation 3 masih menjadi pusat perkembangan cosole game, memiliki performa PowerPC-base Core Processor 3.2GHz. didukung dengan media Blue Ray yang berkali lipat kapasitasnya dibandingkan dengan dvd. Ditambah lagi kemampuan komunikasi Bluetooth dan juga Wi-fi yang memungkinkan Gamer dapat memainkannya secara online.

Namun teknologi akan tetap berkembang dan berevolusi seiring dengan berjalannya komunikasi dan informasi.


Aplikasi games dapat dijalankan pada berbagai platform. Beberapa platform media yang bisa dijadikan pilihan untuk advergames yaitu:

Personal Computer berupa aplikasi games pada PC. Games ini dijalankan pada personal computer.

Web Based Games. Yaitu aplikasi games yang diletakkan pada server di internet dimana audience/pemain hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk mengakses games tersebut.

SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan pada mobile devices bersistem operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows mobile 5.0. Product yang memiliki target market status ekonomi A,B dan karakter pengusaha/ eksekutif muda sangat cocok apabila menggunakan media PocketPC/SmartPhones sebagai bagian aktivitas kegiatan advertising.

CellPhones / Mobile Phones. Aplikasi games untuk cell-phones atau mobile phones sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan potensial pelanggan dengan golongan Status Ekonomi Responden A,B dan C. Produk yang memiliki target golongan ABG, remaja, anak kuliah, eksekutif muda sangat tepat menggunakan media ini, mengingat pada golongan inilah mereka suka sekali mencoba dan mengeksplorasi features aplikasi yang tersedia pada mobile/cellphones mereka.

Software Pembuatan Game

The 3D Gamemaker

Software yang membuat game 3D, dan bisa langsung dimainkan, membuat model, gameplay, story. Software ini hanya menggunakan tools yang ada untuk membuat game 3D yang dikira butuh bahasa pemograman yang tinggi untuk membuatnya.

Situsnya: http://t3dgm.thegamecreators.com

3D RPG BUILDER

Software yang masih dalam tahap pengembangan, software ini membuat game dengan RPG, mudah dalam penggunaannya dan jika ingin membuat game RPG dengan lebih baik lagi maka bisa menggunakan LUA programming.

Game Maker

Software ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi Anda yang ingin membuat game bertipe Arcade(2D), saat penginstlalan selesai Anda juga sudah disediakan sampel game yang dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang Anda kenal yaitu game “1945″.

RPG Maker

software ini bertipe RPG yang sangat mudah digunakan dalam pembuatan gamenya dan hasil game yang memuaskan. Hasil game lebih mirip dengan game rpg yang ada di Playstation. Disini tidak bisa membuat karakter untuk game yang akan dibuat tetapi tersedia ratusan karakter yang bisa dipakai, dan ratusan jurus yang bisa digunakan

RPG Maker Full Version, situs: http://www.evancode.com/

FPS Creator

Software untuk membuat game bertipe First Player Shooter. Pada Demo Versionnya terdapat banyak kelemahan, antara lain: Tidak bisa mengimpor model 3d buatan sendiri, hanya bisa memasukan 25 items dalam satu project, tidak bisa memasukan video untuk bagian story, tidak bisa multi level dan yang paling parah, tidak bisa dipublish menjadi game exe.

Game Maker

Software ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi yang ingin membuat game bertipe Arcade(2D), juga sudah disediakan sampel game yang dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang dikenal yaitu game “1945″.

Menggunakan Game Maker mudah dipelajari drag-and-drop tindakan, Anda dapat membuat permainan mencari profesional dalam sedikit waktu. Anda dapat membuat game dengan latar belakang, animasi grafis, musik dan efek suara, dan bahkan game 3D! Dan ketika anda sudah menjadi lebih berpengalaman, ada built-in bahasa pemrograman, yang memberikan Anda fleksibilitas penuh menciptakan permainan dengan Game Maker. Apa yang terbaik, adalah kenyataan bahwa pembuat Game dapat digunakan secara gratis.


Tutorial membuat game

Tutorial membuat game bertarung / berantem
level pembuatan game = “INTERMEDIATE”
http://www.youtube.com/watch?v=7qNLiBEHsVw
http://www.youtube.com/watch?v=5E_fJ9A6csU
Hampir semua teknologi game programming bisa digunakan untuk membuat game online. Bahkan anda bisa membuat game multiplayer online dengan Flash. contoh :
http://www.flash-game.net/free-games…ayer-games.php

Jika memakai bahasa C++, pertama pada pemilihan enginenya.
Dalam C++ terdapat banyak engine yang bisa dipilih, mulai dari “indie favourite” seperti OGRE
http://www.ogre3d.org/
atau irrlicht
http://irrlicht.sourceforge.net/

to something pricey like Unreal engine :
http://www.unrealtechnology.com/technology.php
atau id tech
http://www.idsoftware.com/business/idtech3/
atau gamebryo
http://www.emergent.net/Products/Gamebryo/

Atau teknologi yang diatas terlalu overkill untuk kebutuhan anda ? anda bisa menggunakan 2D engine seperti HGE
http://hge.relishgames.com/

Atau anda bisa bergerak ke bawah dan langsung menggunakan framebuffer untuk membuat engine sendiri. bisa menggunakan SDL
http://www.libsdl.org/

atau kalau berani, langsung menggunakan DirectX atau OpenGL

untuk kemampuan multiplayer, anda bisa menggunakan ribuan network library “out there”. Contoh library yang didesain untuk game adalah RakNet :
http://www.jenkinssoftware.com/raknet/index.html

atau anda ingin menggunakan yang lebih “generik”, seperti ACE
http://www.cse.wustl.edu/~schmidt/ACE.html

atau yang lebih modern
http://www.boost.org/doc/libs/1_41_0…oost_asio.html


Berikut berbagai aplikasi membuat game yang bisa digunakan siapapun yang ingin membuat game sendiri.

Membuat Game Berbasis Flash

1. AlbinoBlackSheep
http://www.albinoblacksheep.com
Disini banyak sekali game dan video termasuk tutorial tentang bagaimana membuat game berbasis flash.

2. FlashKit
http://www.flashkit.com
Disini anda bisa menemukan banyak tutorial bekerja dengan flash termasuk panduan langkah demi langkah untuk beberapa tipe game.

3. Kirupa
http://kirupa.com
Banyak sekali tutorial ekstensif untuk membuat game flash termasuk panduan untuk game-game spesifik seperti game shooter.

4. Lassie Adventure Studio
http://lassie.gmacwill.com/lower.php?section=news&page=index
Dengan aplikasi ini, anda dapat membuat gambar 2D untuk game petualangan dengan mudah dan membuat gamenya.

5. Sploder
http://www.sploder.com
Disini anda bisa membuat game flash dari berbagai macam jenis obyek dan kemudian meletakkannya pada MySpace, Blogger dan situs-situs lainnya.

Membuat Game Standard dan Panduannya

6. Anim8or
http://www.anim8or.com
Aplikasi modeling animasi 3D untuk game yang mudah digunakan.

7. Byond
http://www.byond.com
Disini anda bisa membuat game anda sendiri dengan bantuan peralatan alikasi yang sudah disediakan dan kemudian anda sharing dengan orang lain untuk mengetahui pendapat mereka.

8. Game Discovery
http://www.gamediscovery.com
Disini semua yang anda inginkan untuk membuat game ada, character making, gameplay making dan juga anda bisa menemukan ide-ide membuat game disini.

9. Martin Piecyk’s Website
http://www.pages.drexel.edu/%7Emfp27/gamemaking/
Panduan belajar bagaimana untuk membuat game dengan disertai link ke berbagai sumber.

10. VGMusic
http://vgmusic.com
Jika anda ingin menambahkan efek sound atau soundtrack game yang anda buat, anda bisa temukan disini, banyak sekali file-file midi yang bisa anda gunakan untuk keperluan game yang anda buat.

11. Visionaire2d
http://www.visionaire2d.net
Aplikasi ini dapat membantu anda membuat game petualangan 2D tanpa perlu pengetahuan programming.

12. YoYoGames
http://www.yoyogames.com
Disini anda akan temukan banyak perlengkapan untuk membuat game seperti beta testing, download, work in progress, community dan banyak lagi lainnya.

Membuat Game RPG

13. Charas-Project
http://charas-project.net
Generator karakter yang mudah digunakan untuk karakter RPG yang anda ingin buat.

14. CrankEye
http://www.crankeye.com
Ada banyak sekali panduan untuk membuat RPG seperti editor karakter, soundfile dan lain sebagainya.

15. DualSolace
http://dualsolace.com
Disini anda dapat menemukan software membuat game MMORPG 2D RealFeel.

16. FreeMMORPGMaker
http://www.freemmorpgmaker.com
Software gratis untuk membuat MMORPG termasuk membuat bagian-bagian game seperti karakter, efek dan suara.

17. PhanxGames
http://www.phanxgames.com/index.asp
Anda bisa membuat RPG dan juga disertai membuat grafis, sound file midi, wav, kemudian jika anda selesai membuatnya, anda bisa menguploadnya di situs tersebut hingga ukuran 50 MB.

18. PlayerWorlds
http://www.playerworlds.com
Aplikasi populer yang banyak digunakan untuk membuat game seri RPG.

19. RPG Maker
http://www.rpg-maker-downloads.tnrstudios.com/
Program RPG Maker di situs ini ada beberapa seri yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda.

20. RPGCrisis
http://rpgcrisis.net
Disini anda dapat menemui berbagai download dan aplikasi untuk membuat RPG pada berbagai sistem apakah PC atau yang lainnya.

21. RPG Revolution
http://www.rpgrevolution.com
Perlengkapan dan aplikasi untuk membuat game RPG pada lebih dari 13 sistem game making berbeda.

Seperti yang kita ketahui, bermain game si layar kaca bisa menyebabkan kecanduan pada anak-anak, remaja dan orang dewasa. Anak-anak yang bermain game lebih dari 15 jam seminggu atau kira-kira 2,5 jam lebih perhari bisa disebut kecanduan pathologis. Selama tidak dimainkan berlebihan, game dapat memberikan manfaat yang positif.

A. Dampak Baik (Positif) Main Game Bagi Kesehatan Fisik dan Mental:

1. Dapat meningkatkan kecerdasan dan keterampilan tangan jika game yang dimainkan adalah game yang baik.

2. Bisa dimanfaatkan untuk pasien penyakit atau gangguan kesehatan tertentu.

3. Bisa membuat badan menjadi sehat karena digunakan untuk latihan olahraga fisik seperti game wii fit.

4. Dapat menghilangkan stress, rasa bosan, serta menekan kebiasaan buruk seseorang.

B. Dampak Buruk (Negatif) Main Game Bagi Kesehatan Fisik dan Mental:

1. Dapat menyebabkan cedera pada anggota tubuh manusia. Jika sering terjadi maka menyebabkan Repetitive Strain Injury (RSI) atau cedera fisik berulang-ulang. Contoh : Cedera jari sehingga bengkak dan sakit yang berulang terus-menerus.

2. RSI yang sering terjadi bisa menyebabkan kecacatan / cacat fisik pada seseorang. Contoh : seting pegal-pegal nyeri tulang belakang bisa membuat bentuk tulang belakang menjadi tidak proporsional.

3. Sinar biru layar tv atau monitor bisa menyebabkan kerusakan mata, yaitu mengikis lutein pada mata sehingga menyebabkan pandangan kabur degenerasi makula.

4. Main game yang terlalu dekat dengan layar monitor komputer atau layar telavisi bisa menyebabkan mata minus rabun jauh atau miopi. Tidak hanya dari game namun juga bisa menyerang pada saat nonton televisi.

5. Kilatan-kilatan cahaya dengan pola tertentu pada game bisa memicu epilepsi (ayan) pada penderita potensial.

6. Dapat menyebabkan penyakit maag jika sering lupa makan rutin saat asyik bermain game.

7. Dapat menyebabkan stress jika menglami kegagalan bermain game maupun stress karena kurang waktu untuk berhubungan sosial.

http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/04/software-pembuat-game.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Video_game

http://hikarunamie.wordpress.com/2010/02/12/perkembangan-teknologi-game/

Tidak ada komentar: