Senin, 17 Mei 2010

SADE, JANJI HIDUP & KEAGUNGAN CINTA

Judul diatas seperti sebuah judul novel. Memang kalau kita menyimak album-album Sade ibarat membaca sebuah roman tentang cinta dan juga tentang tantangan kehidupan. Tak salah rasanya kalau jazz lovers yang mempunyai karakteristik orang yang romantis begitu menyukai penyanyi yang satu ini.
Saat dikota New York pada usia 8 tahun koleksi rekaman pertama Sade malah jenis musik rock, itu diakuinya kalau koleksi rekaman tersebut berkaitan dengan cerita tentang kehidupanya masa lalu. Kemudian pengalaman tersebutlah yang menjadi vitalitas buat seorang Sade hingga sekarang. Itu sebabnya album yang dihasilkannya lebih banyak nuansa gitar akustik (Mungkin karena pengaruh musik rock yang sempat di sukainya), single yang berjudul “By Your Side” adalah sebuah lagu tentang kekuatan cinta. Ini adalah musik yang kembali pada elemen terpenting dalam musik yakni vocal, melodi, dan aransemen instrumen.
Tetapi kemudian Sade yang bernama asli Helen Folosade Adu adalah seorang wanita yang tidak pernah memiliki apapun untuk di rahasiakan.
Dia lahir di Ibadan, Nigeria dan menetap di Colchester, Essex , dimana dia pindah saat umur 4 tahun setelah ibunya yang orang Inggris berpisah dari ayahnya yang Nigeria. Sade menjalani hidupnya dengan mencoba untuk merasa baik-baik saja, jujur dan benar.
Saat beranjak dewasa, Sade mulai mendengarkan penyanyi-penyanyi soul seperti : Curtis Mayfield, Donny Hathaway, Marvin Gay. Penyanyi tersebut adalah penyanyi yang unik, menurut Sade mereka mampu membiarkan dan menyesalkan kerumitan jalan pikiran dari sakit hati juga harapan. Musisi itu menurut Sade lagi mempunyai cukup banyak keahlian untuk menciptakan dari perasaan-perasaan tersebut. Sesuatu yang akhirnya menjadi sangat berpengaruh pada Sade ketika dia menjadi seorang penyanyi.
Sade sempat belajar fashion di St. Martin jurusan kesenian. Dia mendaftar sebagai vokalis pada saat teman lamanya membuat sebuah band dan ternyata dengan dia band tersebut mendapat penyanyi yang tepat. Musik yang mereka mainkan adalah jenis jazz, latin dan punk karena mereka menemukan sebuah keunikan dan kesenangan tersendiri pada jenis musik tersebut.
Sade membantu menulis pada tembang yang menjadi hits “ Smooth Operator “ , dan berawal dari sinilah Sade m,eninggalkan sifat pemalunya, yang pada akhirnya ia berani melangkah menuju ke tengah panggung dengan percaya diri bersama grupnya yang terdiri dari : Stuart Matthewman , Andrew Hale dan Paul Spencer.
Di tahun 1984 single nya “ Your Love Is King ” masuk di tangga lagu top ten hits. Oleh sebab itulah nama Sade melejit populer bahkan menjadi sebuah ikon. Jika selama tahun 80’an ia sudah mewujudkan apa yang di cita-citakannya. Musiknya memiliki kegembiraan sekaligus kelembutan. Itu sangat jelas tergambar dalam lirik lagunya dimana bara api dari cinta tidak pernah benar-benar membeku. Setelah single pertamanya yang melejit Sade menjadi satu diantara beberapa artis rekaman yang pernah ada untuk tampil menjadi cover di majalah “ Time ” karena pada saat itu dianggap dialah penyanyi Jazz era baru. Debut albumnya “ Diamond Life ” Sade berbicara pada seluruh dunia tentang kehidupan dan cinta , dan hits singlenya “ Your Love Is King ” , “ Smooth Operator ” , dan “ Hang On To Your Love ” , sempat bercokol selama 98 minggu di UK Charts dan 81 minggu di Chart Billboard. Hingga akhirnya Sade menerima penghargaan BPI Award untuk album terbaik dan Grammy Award untuk penyanyi pendatng baru terbaik.
Tahun 1985 ia meluncurkan album “ Promise ” yang menghasilkan hits single seperti : “ Is It A Crime “ dan “ The Sweetest Taboo ” yang telah menjadi lagu yang paling sering diputar di sepanjang sejarah radio. Seperti album terdahulunya , album inipun mendapatkan multi platinum dan sangat sukses secara internasional.
Tuntutan yang mengharuskan ia terus melangkah dari imajinasi ke sebuah realita perjuangan pada konsep musiknya, itulah sebabnya Sade tidak pernah megijinkan musiknya untuk menjadi sesuatu yang kurang greget dia menghendaki karyanya secara kwalitas harus lebih baik dari yang terdahulu untuk mengoda pendengarnya agar selalu loyal dan karirnya sebagai seorang penyanyi juga selalu stabil. Ia telah menyita perhatian publik, keingintahuan tentang kehidupan Sade, seperti awalnya saat ia di temukan dan menyatakan dia datang untuk membuat musik yang menakjubkan.
Sade telah mencoba dengan mudah untuk mengingat kebenaran dalam dirinya dengan melakukan wawancara melalui media, baik elektronik maupun cetak yang mengatakan bahwa dia hanya membuat album saat dia mempunyai sesuatu yang benar-benar bisa dimengerti untuk dibagikan ke penggemarnya.
3 tahun kemudian Sade kembali merilis album dengan judul “ Stronger Than Pride ”. Tahun 1988, dari album tersebut menghasilkan hits single yang dikenang seperti : “ Love Is Stronger Than Pride ” dan “ Nothing Can Come Between Us ”. Setelah itui Sade bersama bandnya mengadakan tour keliling dunia, ke Eropa , Australia , Jepang dan Amerika dan ternyata sukses besar. Secara keseluruhan penampilan Sade dan bandnya selalu menarik diatas panggung.
Sade telah menciptakan lagu Jazz yang bisa di pakai untuk berdansa juga lagu sebelum tidur, dan lagu untuk soundtrack film “Indecent Proposal” yang di bintangi Robert Redford dan Demi Moore. Sade menolak musiknya untuk dikatagorikan seperti musik pop, r&b, soul atau yang lain satu dimensi dengannya, ia lebih senang mengkatagorikan musiknya adalah Jazz dengan konsep yang luas.
Budaya yang berbeda yang tumbuh di kota London itu memunculkan berbagai aneka warna musik dari barbagai genre, hal itulah yang membuat Sade mengeluarkan album “ Love Deluxe “ pada tahun 1992. Ini dianggap sebuah album yang cukup fenomenal buat Sade karena album ini mampu menepis banyak kritikan dan akhirnya album inipun sangat laris di pasaran. Album yang berani mengungkapkan perasaan yang jujur ini di Amerika mampu bertahan selama 91 minggu di Chart Billboard. Sementara singlenya “ No Ordinary Love “ mampu pula bertengger di tangga lagu-lagu hits dunia.
Tahun 1994 Sade merilis album “ Best Of Sade “ yang menampilkan 16 lagu yang pernah menjadi hits dalam kurun waktu 10 tahun sejak album pertamanya di liris. Kalau ditotal Sade telah mampu menjual rekamannya sebanyak 40 juta copy disepanjang karirnya musiknya.
Akhirnya album “ Lovers Rock “ pun di liris. Di mana lewat album ini Sade semakin menunjukkan bakatnya yang luar biasa sebagai seorang penulis lagu. Coba anda simak lagu “ Sweetest Gift “ , “ All About Love “ , “ Slave Song “. Ini adalah sebuah lagu yang penuh kehangatan dan intimasi. Di album “Loves Rock” seperti yang telah diselesaikan lewat album yang sebelumnya, Sade melanjutkan untuk melukiskan rahasia bisikan hatinya sekaligus juga hasratnya. Menggigatkan kebenaran pada dirinya agar pekerjaannya sebagai seorang penyanyi dapat mencapai kwalitas yang lebih baik untuk menuju ke puncak karirnya.
Begitulah Sade, seorang penyayi yang penuh talenta dan mampu memberikan harapan-harapan ke penggemarnya agar mampu hidup lebih baik, dan ini layaknya sebuah novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata..

Tidak ada komentar: